Wednesday, January 4, 2017

Kucing Bermata Kuning dan Biru Itu 'Tuli', Mitos atau Fakta ?

Kucing Bermata Kuning dan Biru Itu 'Tuli', Mitos atau Fakta ?
Kucing merupakan hewan yang sangat dekat dengan kehidupan manusia sejak ratusan tahun yang lalu. Saking dekatnya, kucing menjadi peliharaan kesayangan manusia yang dijadikan teman dirumah. Banyak keunikan kucing yang menjadi daya tarik hewan tersebut untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh manusia seperti bulunya yang lembut atau juga perilakunya yang mengemaskan. 

Selain keunikan dari bulu dan perilakunya, keunikan lainnya juga terdapat pada matanya. Kamu pernah melihat kucing dengan full berwarna putih polos bermata biru atau mempunyai warna mata berbeda yakni mata warna biru dan kuning (odd eye) ? Mungkin sebagian dari kalian pernah melihat kucing dengan kondisi fisik seperti itu.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kucing dengan kondisi fisik bulu full berwarna putih dengan warna mata yang berbeda memiliki telinga "Tuli" ? Mitos ataukah Fakta ? Sebenarnya anggapan seperti ini hanyalah Mitos dan Faktanya memang ada beberapa kucing putih mempunyai telinga tuli sebagai cacat genetik atau bawaan. Sehingga belum tentu kucing dengan warna putih polos memiliki telinga tuli. Apalagi menurut riset hanya 10% dari populasi kucing yang memiliki bulu full berwarna putih polos, jadi kemungkinan kucing putih polos dengan telinga tuli sangat sedikit.
Kucing Bermata Kuning dan Biru Itu 'Tuli', Mitos atau Fakta ?

Biasanya kucing berbulu putih polos dengan mata sebelah kuning dan sebelahnya lagi biru (Odd Eye) memiliki kuping tuli sesuai letak matanya yang berwarna biru. Sehingga telinga yang satunya sesuai letak mata kuning sudah pasti normal. Sedangkan kucing putih polos dengan mata kedua-duanya berwana biru biasanya memilki telinga tuli dikedua telinganya. Hal ini bisa terjadi dikarenakan karena lapisan Tapetum Lucidum pada mata berwarna biru tidak berkembang sempurna dan menyebabkan gangguan pada telinga si kucing. Kemungkinan telinga tuli lebih besar pada kucing putih polos dengan kedua matanya bermata biru yaitu sekitar 60%-80% angka tersebut lebih kecil dari kucing putih polos Odd Eye yang hanya sekitar 30%-40%.

Jadi sebelum kamu membeli atau ingin mengadopsi seekor kucing, lebih baik kamu cek dulu deh pendengarannya. Kamu hanya perlu mengeceknya dengan cara menepukan tangan dari jarak yang agak jauh dari si kucing. Jika kucing tersebut langsung menengok atau merespon, berarti kucing yang akan kamu adopsi tidak mengalami gangguan pendengaran.
Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar ya !

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel yang dibaca.
Dilarang komentar jika :
- Berisi Spam
- Memasang link aktif
- Berisi promosi
- Bermaksud menghina, sara, dan pornografi
Jika anda melanggar 4 poin diatas, maka komentar akan langsung dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dulu.
Terimakasih.